Kamis, 17 November 2016

Hidup di Jepang per bulan cuma dengan 2 juta rupiah

haaaaa~~~ akhirnya satu tahun saya tinggal di Jepang. banyak banget cerita yang saya lewati selama disini. cerita pahit dan manis nya hidup di negeri Sakura ini. Saya ga tau apakah harus cerita atau tidak mengenai perjalanan saya ini. well, hidup itu ternyata pahit. lihat blog pertama kesannya akan bahagia ke depannya. tapi ternyata, dibalik cerita bahagia itu ada kepahitannya. duh ini ngomongin apaan sih. Sebenernya saya gatau harus dari mana mulai cerita. karna udah satu tahun berlalu dan sudah banyak banget masalah yg saya lewati disini..
Jadi gini, sekarang saya udah pindah sekolah di Osaka. ko bisa? gimana caranya yang tadinya tinggal di desa Miyakonojo, Jepang sekarang pindah ke kota besar Osaka? ceritanya bener-bener panjang banget. dan ini bener-bener jadi pengalaman hidup yang berarti buat saya sendiri. saya pun ga menyangka kalau hidup saya seperti jet coster. menegangkan. menakutkan. dan mencengangkan. Kenapa? saya pernah hidup di Jepang hanya dengan 14400 yen per bulan (atau setara 2.000.000 rupiah) 2 juta rupiah loh, hidup di Jepang sebulan. kebayang gak susahnya?? hidup di Indonesia aja udah kalang kabut, umr aja ga dapet, lah ini tinggal di Jepang cuma dengan 2 juta rupiah? makan apaaaaa.........
Shock ga? shock dong ya. semua orang disini bahkan orang Jepangnya sendiri pun kaget ketika tau kalo kami cuma di upah sebesar 14400 yen/ bulan. Mau tau kenapa bisa seperti itu? jadi gini kronologisnya.
kita dibilang akan sekolah bahasa Jepang dan magang sebagai assistant caregiver. Perusahaan dan sekolahnya itu sama. Jadi kita kerja buat bayar sekolah dan tempat tinggal. Biaya sekolah dan tempat tinggal mereka yang atur, jadi kita cuma nerima 14400 yen perbulan di bank. awalnya kita dibilang bakalan dapet 22000 yen perbulan, tapi tiba-tiba sebelom kita berangkat ke Jepang dikasih tau lagi kalau sekarang cuma dapat 14400 yen karena tidak ada shift malam (peraturan dari imigrasi) dan katanya akan diganti dengan bahan makanan seperti sayuran dan beras, serta detergen. Pada saat di Jepang, tidak sesuai kenyataan. kita cuma dapet sayuran dan bahan makanan pas awal bulan aja, abis itu ga pernah dapet lagi. beras pun kita cuma dikasih 5 kg per 2 bulan/ orang. 5 kg beras untuk 2 bulan. mana cukup. 5 kg itu cuma cukup 1 bulan kurang. yang berarti kita harus beli lagi sendiri beras. dimana harga beras disini mahal banget seharga 50 kg beras di Indonesia. kita nemu beras paling murah di donki 1500 yen/ 10 kg itupun kita beli jauh naik sepeda. itu adalah beras paling murah. kayanya sih itu beras kw super. secara harga beras disini aslinya 1500 yen untuk 5 kg. nah beli beras ini uangnya ya dari 14400 yen itu tadi. kadang, untuk makan kita bertahan hidup dengan mengandalkan makanan diskonan. setiap hari Selasa di Aeon Mall, kalau udah jam 8 malam keatas, beberapa makanan didiskon sampe 50%. setiap hari selasa malam kita beli keroket, katsu, chicken wings seharga 25 yen/pcs. dari 14400 kita harus beli bahan makanan, bahan dapur, kamar mandi, dll.



sementara ini dulu ya nanti di lanjut lagi~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar